Siasat Sang Adipati


Cerita ini diambil dari suatu hikayat dijaman dahulu, namun agaknya masih berlaku dan masih dilakukan oleh orang-orang dijaman sekarang.

Di salah satu kadipaten dalam sebuah kerajaan bertahta seorang Adipati dan dalam kadipaten ini ada seorang punggawa yang mempunyai istri cantik dan memikat hati sang Adipati. Berbagai cara dilakukan sang Adipati untuk mendapatkan istri sang punggawa, tetapi selalu tak berhasil. Sampai suatu kali sang Adipati mendapat akal untuk menyingkirkan sang punggawa. Maka dipanggillah sang punggawa menghadap dan kepadanya disampaikan bahwa mulai besok dia harus menjalankan tugas atas perintah raja untuk bertugas kedaerah yang yang jauh dan berbahaya.

Karena diberi tugas, sang punggawapun menjalankan perintah yang disampaikan sang Adipati ini, dan selama berbulan-bulan sang punggawa tidak pulang ke kadipaten dan tidak bertemu dengan sang istri. Sementara itu sang Adipati asyik menjalankan siasatnya untuk memikat istri sang punggawa. Karena lama tidak pulang, ditambah dengan usaha sang Adipati yang tak kenal lelah, akhirnya istri sang punggawapun menyerah. Mungkin mereka menganggap bahwa sang punggawa gagal menjalankan tugas dan meninggal dalam menjalankan tugas.

Setelah sepuluh bulan lebih sedikit, sang punggawapun pulang, namun apa yang dildapatkannya setelah pulang, bahwa istrinya sudah diambil oleh sang adipati dan posnya pun sudah ditempai oleh orang lain. Anehnya sang Raja tidak tahu dengan kejadian ini… Sang punggawapun menemui Raja, namun dengan bijak sang raja menasehati sang punggawa, dan akhirnya dengan terpaksa sang punggawapun menerima dan bersedia ditempatkan di pos yang baru.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang yang berkedudukan lebih tinggi, mempunyai pikirian licik untuk mendapatkan sesuatu, termasuk dari bawahannya sekalipun.

Semoga Allah, melindungi kita dari kezaliman orang-orang seperti itu. Dalam hubungan ini, tertulis dalam Surah Yunus, doa orang-orang yang mohon perlindungan dari orang yag zalim.

… رَبَّنا لا تَجْعَلْنا فِتْنَةً لِلْقَوْمِ الظَّالِمينَ وَ نَجِّنا بِرَحْمَتِكَ …

… Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran siksaan kaum yang zalim itu dan selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu … (QS. 10 : 85-86)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s