Manusia Pembohong-1


Dalam Guardian muncul berita pengakuan Rafid Ahmed Alwan al-Janabi, seorang warga Iraq yang sebelumnya lebih dikenal dengan nama alias Curveball oleh intelejen Jerman dan Amerika.

Dari Rafid-lah intelejen Amerika memperoleh informasi keberadaan Senjata Pemusnah Massal (WMD) yang menjadi basis alasan Amerika untuk melakukan invasi ke Irak di tahun 2003.

Kita tahu telah cukup lama kabar kebohongan ini beredar. Berbagai penyelidikan independen telah mengajukan kecurigaan dan bukti-bukti antara bahwa alasan Amerika itu hanya bualan. Pemerintah Amerika dan Inggris seingat saya juga telah mengisyaratkan hal itu meski dengan eufimisme “kesalahan data intelejen.”

Namun baru kali ini, ada orang yang mengklaim secara terbuka bertanggung jawab terhadap kebohongan informasi yang diberikan.

Dan saya tidak tahu apakah harus mengacungkan jempol, atau melemparkan sendal. Karena gilanya, Rafid dalam pengakuannya mengatakan ia tetap merasa bangga dengan kebohongannya. Bangga karena kebohongannya memberikan sesuatu pada bangsa Irak yang ia sebut sebagai “margin democracy”

“Maybe I was right, maybe I was not right,” he said. “They gave me this chance. I had the chance to fabricate something to topple the regime. I and my sons are proud of that and we are proud that we were the reason to give Iraq the margin of democracy.”

100 ribu nyawa lebih hilang akibat Perang Irak menurut data Iraq Body Count project. Angkanya melejit enam kali lipat menjadi 600 ribu jiwa menurut Lancet Survey, sebuah jurnal medis tertua yang cukup dipercaya di dunia Internasional. Atau bahkan meningkat lagi ke angka sepuluh kali lipat menjadi 1 juta jiwa menurut data Opinion Research Business.

Dan sungguh menakjubkan, seseorang yang berperan dalam penghilangan nyawa tersebut bisa mengatakan ia tetap bangga.


 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s