Arabian things ….. Part-1


Arab Saudi.
Mengendarai mobil lebih dari 1000 km, masuk kota yang ramai. Perjalanan pertama jadi tersesat beberapa kali. Keluar dari parkiran mobil perut terasa lapar, terpaksa berputar-putar mencari rumah makan yang sekiranya cocok dengan lidah kita. Setelah berputar-putar sekitar 20 menit kita sampai di rumah makan masakan Turki.

Baru saja turun dari mobil, sebuah mobil GMC stop dan mundur sehingga posisinya tepat dibelakang mobil kami. Tiba-tiba jendela terbuka dan terlihat pengemudinya berpakaian rapi, baju gamis putih dan penutup kepala khas arab. Di kursi sebelahnya duduk anak perempuan kecil. Saya tak sempat melihat penumpang di kursi belakang.

Pria itupun mengucapkan salam dan bilang dia dari Riyadh …., saya bilang bahwa kami dari suatu kota yang jaraknya sekitar 1000 km lebih dari sini. Saya sebenarnya ingin memberi pengertian bahwa kami orang asing dan lebih perlu uang dari mereka. Tapi dia bilang bahwa dua tahu kami dari sana dan akhirnya bilang dompetnya hilang, belum makan dan… minta uang … Akhirnya transaksi selesai… Hehehe.

Sementara keluarga saya pesan makanan dan menunggu dihidangkan, Saya pergi ke toko-toko di deretan tempat kami makan untuk mencari adaptor stop kontak dari dua pin ke tiga pin karena charger yang saya bawa punya tiga pin kontak, standar dari negara tempat kami tinggal. Setelah bertanya dengan bahasa Inggris dan bahasa Arab patah-patah, pemilik toko dengan ramah menjawab dia tidak punya dan kemudian dia menunjukkan toko yang menjual alat tersebut tanpa saya tanya terlebih dulu.

Sayapun pergi ke toko yang dimaksud dan mendapatkan barang yang saya cari. Setelah tawar menawar akhirnya sepakat harganya 2 riyal. Tapi celakanya saya tidak bawa dompet dan uang, sehingga sayapun meminta kesediaan penjaga toko untuk mengizinkan saya membawa dulu barang tersebut. Awalnya mereka dia tidak mau, karena menurut dia saya mau berbohong. Setelah saya yakinkan bahwa saya orang Indonesia yang tidak suka menipu (mungkin dia heran, karena termasuk langka kali ya, he hehe) barulah dia membolehkan saya membawa barang tersebut. Setelah saya pasang dan cocok, saya kembali mengantarkan uang 2 riyal. Penjaga tokopun tampak heran.

Tinggalkan Balasan

