Lukman dan Anaknya


Alkisah, suatu hari Lukman dan anakya melakukan perjalanan melintasi beberapa desa. Mereka hanya mempunyai satu keledai yang tidak begitu kuat. Setelah berunding dengan anaknya, Lukman memutuskan agar anaknya yang menunggang keledai sedangkan dia sendiri berjalan menuntun keledai tersebut.
Sesampai di desa, banyak orang memperhatikan mereka berdua, mereka berbisik-bisik dan bahkan ada yang berkata:

” Coba lihat itu, anak yang tak tahu diri. bapaknya sudah tua dan terlihat sangat kelelahan, tapi si anak enak-enakan menunggang keledai”

Mendengar hal itu, Lukman pun berunding dengan anaknya dan anaknyapun setuju agar Lukman saja yang menaiki keledai mereka.

Sesampainya di desa kedua, orang-orang desa banyak yang memperhatikan mereka berdua ini. Sebahagian dari mereka hanya berbisik-bisik dan tertawa, tapi ada juga yag mencibir dan berkata:

“Memang bapak itu tidak punya rasa sayang kepada anaknya, lihatlah mereka itu, anaknya disuruh jalan menuntun keledai, sedangkan bapaknya enak-enakan naik keledai. Sungguh orang tua yang tidak saya anak”

Mendengar hal itu, Lukmanpun beruding kembali dengan anaknya, apa sebaikny yang mereka lakukan. Akhirnya mereka sepakat untuk menggotong saja keledai mereka. Sehingga sampailah mereka di desa yang ketiga.

Memasuki desa yang ketiga, seperti yang mereka temui di dua desa sebelumnya, banyak orang yang membicarakan mereka ini. Dengan mencibir penduduk desa ini mengatakan:

“Aha!, memang pasangan bapak dan anak yangn bodoh. Mereka punta keledai, bukannya ditunggangi tetapi malah dipikul. Sungguh aneh!”

—–

Catatan:
Apa yang terjadi dalam cerita ini adalah hal yang sering sekali kita temui dan saya sendiri mengalami hal-hal seperti ini. Dalam pandaangan orang lain, apa yang kita kerjakan sering mreka anggap tidak benar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s