Periukmu Meninggal.


Pak Abu punya tetangga yang suka sekali menjalankan riba. Sudah beberapa kali Pak Abu dan tetangga yang lain meminjam uang tapi mereka harus mengembalikan dengan bunga yang sering dikenal dengan istilah pinjam uang beranak. Pak Abu berpikir keras bagaimana cara menasihati tetangganya ini. Akhirnya dia mendapat ide untuk memberi pelajaran kepada tetangganya.
Untuk menjalankan ide-nya itu Pak Abu meminjam periuk yang cukup besar, sebulan kemudian Pak Abu kembali kepada pemilik periuk dengan membawa periuk yang kecil. Kepada tetangganya itu dia bilang bahwa dia belum bisa mengembalikan periuk yang besar tapi dia membawa anaknya. Tetangganya itupun senang sekali menerima anak periuk itu.

Bulan berikutnya Pak Abu tidak datang sesuai waktu yang ditentukan tapi datang keesokan harinya dengan wajah sangat sedih diapun menceritakan bahwa dia baru pulang dari menguburkan induk periuk yang dia pinjam karena periuk itu telah meninggal tepat pada malam dia harus dikembalikan.

Mendengar cerita Pak Abu, tetangganya pemilik periuk itupun langsung marah-marah. “Mana mungkin periukku bisa menginggal, tak mungkin itu sangat mustahil”, demikian kata tetangganya itu.
Dengan tenang Pak Abu menjawab : “Jika periukmu tidak bisa meninggal, bagaimana pula dia bisa melahirkan anak?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s